Mengendalikan Pola Makan Setelah Lebaran

Sebentar lagi lebaran tiba, saatnya merayakan idul fitri bersama keluarga, tetangga dan juga teman-teman. Nah…dalam merayakan hari lebaran ini biasanya malah membuat kita lepas kontrol tentang pola makan.

Pola makan seringkali tidak terkendali karena banyaknya hidangan yang enak-enak khas lebaran, apalagi ditambah acara berkunjung ke rumah sodara-sodara dan teman, (weees tambah sip ae..) semakin menambah volume makanan yang berlebihan. Hal ini menjadikan kita mengalami gangguan pencernaan seperti maag dan diare, atau perubahan pada tubuh yang semakin melar, lha ini yang biasanya sering terjadi. Biasanya cewek-cewek pada takut yang beginian, apalagi saya 😛

Nah untuk mengembalikan ke pola makan yang normal seperti semula, dibutuhkan niat yang kuat, jangan mudah tergoda untuk selalu makan atau ngemil kue lebaran. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung karbohidrat 50 persen seperti nasi beras merah, roti atau kentang, protein 20 persen seperti lauk hewani dan nabati, ditambah sayuran dan buah. Kalau tidak suka nasi merah, bisa dicampur dengan nasi putih.

Lebih baik mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil tetapi sering, namun sebaliknya, jangan sampai makan sekaligus dengan porsi banyak.

Cara selanjutnya, harus dengan berolahraga secara teratur minimal 30 menit sehari, ini nih yang biasanya sulit dilakukan tapi kembali lagi ke niat. Cukup berolahraga dengan jalan cepat atau jalan seperti biasa saja, yang penting bisa membakar kalori dalam tubuh. Dengan rutin melakukan ini, maka berat badan tidak akan bertambah drastis pasca lebaran dan tentunya menjadi semakin sehat. (Ochim)

Source: Jawa pos edisi Minggu, 12 Agustus 2012 hal. 38

Pict: google

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: