Menikmati Jajanan Petulo di Sudut Kota Batu

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan perjalanan ke Malang untuk suatu urusan. Berangkat dari rumah sekitar pukul 06.30 pagi saat udara masih terasa dingin, apalagi ketika perjalanan memasuki kawasan Pujon, serasa kaku tangan saya saat menarik grip gas motor karena semakin dingin walaupun saat itu sudah memakai sarung tangan.
Sekitar pukul 07.30 memasuki kota Batu, sengaja saya mampir ke pasar kecil di kawasan Batu, tepatnya di perempatan BCA belok kiri (utara), jalan yang menuju arah Selecta, disitu terdapat penjual jajanan khas kota Batu yaitu petulo, pembaca sudah pernah tahu kan? Petulo yang disajikan dengan ketan dan srabi kemudian disiram dengan santan dan sirup gula merah ini disajikan dengan kuah yang hangat.
Nah…saya langsung memesan satu porsi dengan harga Rp5000 dan saya nikmati disitu juga, tidak ada tempat khusus memang, hanya ada kursi panjang di pinggir trotoar. Sangat pas sekali jika menikmati jajanan pasar ini di tengah udara dingin kota Batu apalagi saat masih pagi.

Jajanan ini sebenarnya sudah jarang sekali saya temui, bahkan di kota malang sekalipun saya belum pernah melihat ada yang jualan, kecuali ada even tertentu seperti Malang Tempo Dulu, di acara tersebut terdapat banyak sekali kue2 tradisional termasuk petulo ini. Mungkin karena sudah kalah populer dengan kue modern yang banyak bermunculan dengan berbagai macam jenisnya sehingga kue tradisional ini lambat laun kian terlupakan. (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

6 responses to “Menikmati Jajanan Petulo di Sudut Kota Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: