Tips Melakukan Perjalanan dengan Bis

Bagi sebagian orang, traveling dengan menggunakan bis memang menyenangkan selain itu juga murah, memang sih tidak seefisien kalo kita naik motor, namun dengan naik bis bisa mengurangi resiko yang ada di jalan seperti kecapekan yang bisa menyebabkan hilang konsentrasi atau berkurang kewaspadaan pengendara. Kelebihan dari kendaraan besar ini adalah memiliki pilihan jam keberangkatan yang beragam dan kita juga bisa memilih bis dari berbagai kelas yang ditawarkan, ada kelas ekonomi, ekonomi AC, Kelas bisnis, eksekutif, super eksekutif dan VIP/PATAS yang menjanjikan kenyamanan penumpang selama diperjalanan.

Namun terkadang ada beberapa masyarakat yang tidak tahu bagaimana sih sebaiknya memilih bis yang aman dan nyaman sebagai mitra untuk mengantarkan kita sampai ke kota tujuan. Karena di dunia bisnis transportasi darat seperti angkutan bis ini, terkadang kita jumpai ada perusahaan atau operator bis yang bertindak seenaknya sendiri, misalnya menetapkan tarif melebihi batas ketentuan Pemerintah atau bahkan menelantarkan penumpang yang tidak sampai kota tujuan seperti dijanjikan ketika penumpang naik dari terminal pemberangkatan. Nah berikut ini adalah beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman sendiri ketika pernah wara-wiri menggunakan jasa bis:
1. Jika anda belum pernah pergi ke suatu kota yang akan menjadi tujuan, carilah informasi mengenai rute tujuan atau bis mana yang menjadi pilihan, bisa tanya ke teman atau kerabat dekat
2. Jika anda bepergian pada saat weekend, liburan sekolah atau hari besar,     usahakan untuk membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan karena biasanya pada saat liburan tiket sering habis dan sudah terjual semua, tau sendiri kan biasanya tiap akhir pekan transportasi umum selalu ramai apalagi libur panjang.
3. Biasanya dari beberapa operator bis menyediakan kartu langganan, yaitu kartu yang bisa memberikan potongan tarif buat penumpang kalo tidak salah sebesar Rp 2000. Anda bisa minta ke kondektur dan ketika saya pernah minta ternyata gratis dan berlaku 1(satu) orang. Kartu langganan ini masa berlakunya sampai akhir tahun. Namun ketika memasuki musim lebaran kartu ini tidak berlaku selama H-7 sampai H+7. Kartu ini cocok buat anda yang sering bepergian ke kota yang sama.
4. Bagi yang belum pernah bepergian ke kota tertentu, kalau bisa pilihlah bis yang mempunyai jurusan langsung ke kota tujuan tanpa oper bis lagi, ini untuk menghindari anda tersesat ketika berada di terminal transit untuk pindah ke bis yang lain.
5. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, karena untuk memudahkan anda ketika membawanya.
6. Membawa konsumsi sendiri dari rumah, ini untuk menghemat pengeluaran anda selama diperjalanan.
7. Gunakanlah hp seperlunya saja, misalnya untuk memberi kabar kepada teman atau keluarga tentang posisi anda dan jangan gunakan untuk mendengarkan musik atau nge-game, ini untuk menghemat baterai hp.

Itulah beberapa tips yang bisa saya share buat anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan bis, semoga bermanfaat dan tetap hati-hati dijalan. (ochim)

photo by Samsung GT-C3322
Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

6 responses to “Tips Melakukan Perjalanan dengan Bis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: