Jalan Tembus: Membelah Perbatasan Magetan – Karanganyar

“………Embun sing netes ono ing rambut
Howo adem sing digowo kabut
Dalan tembus dadi kenangan
Cemoro sewu sarangan
Nalikane gek mbiyen iseh pacaran………”

 

Itulah sepenggal lirik lagu campursari yang dinyanyikan oleh Didi Kempot feat. Ibu Hj. Rina (Bupati Karanganyar) menceritakan tentang keindahan alam pegunungan di jalan tembus, rute menanjak yang menghubungkan dua kabupaten yaitu Magetan (jawa timur) dan Karanganyar (jawa tengah). Jalan tembus ini adalah proyek jalur alternatif yang membelah wilayah gunung Lawu di perbatasan kedua Kabupaten tersebut sepanjang sekitar 17 km. Nantinya ketika proyek ini sudah kelar, jalan ini mungkin akan menjadi jalur provinsi favorit pengendara daripada jalur biasanya yang melewati Ngawi dan Sragen.

Saya sendiri, sampe sekarang ini belum pernah melewati jalan tembus dari awal sampe di akhir tepatnya di  Tawangmangu dan masih pengen suatu saat nanti bisa nyobain sensasinya, mungkin sekalian menuju tempat wisata air terjun Grojogan Sewu yang ada di Tawangmangu. Awal tahun kemarin ketika berkunjung ke Sarangan, saya hanya melewati jalan tembus yang terdekat dari Lokasi Sarangan sejauh kurang lebih 4 km saja, karena waktu itu hari sudah siang jadi saya putuskan untuk turun saja pulang menuju Magetan. Padahal kalo lihat suasananya sangat menyenangkan, penuh pepohonan hijau dan kabut menghiasi sepanjang jalan ini dan yang pasti hawanya sangat dingin.

Sempat jepret2 jalan ini dimana terdapat banyak warung2 makan di pinggir jalan yang menyediakan menu khas seperti sate kelinci, sate ayam,dll. Ternyata tempat inilah yang menjadi pilihan pengunjung khususnya muda mudi untuk sekedar nongkrong bersama teman2 atau orang terdekat. Mudah2an di lain waktu saya bisa touring menikmati keindahan alam di jalan tembus Magetan – Tawangmangu ini. Bagi pembaca, sudah pernahkah anda kesini? (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

9 responses to “Jalan Tembus: Membelah Perbatasan Magetan – Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: