Menempuh Jalan Menanjak dan Kemacetan Kota Malang, Konsumsi BBM Honda Spacy PGM-FI Tembus 48,41km/Liter.

Setelah postingan yang lalu saya share hasil tes BBM motor HSX 125, kali ini saya melakukan tes konsumsi bahan bakar dari Motor matic Honda Spacy PGM-FI lansiran 2012, dengan melakukan perjalanan menuju Kota Malang. Yang perlu di catat pada tes ini adalah: motor menggunakan BBM jenis Premium, mengingat rata-rata pengguna motor menggunakan bahan bakar jenis tersebut, bobot pengendara 76-77 kg dengan tinggi badan 178 cm tanpa boncenger, alat ukur yang digunakan memakai odometer standar motor. Rute yang dilewati adalah berangkat dari rumah: kandangan – ngantang – pujon – batu- Malang dengan keadaan motor sudah di isi premium full tank dan odometer menunjukkan angka 2165,6 km. Perjalanan yang saya lakukan ini tidak econoriding namun berjalan sesuai kebutuhan, seperti pada saat nanjak tentunya harus narik gas dalam-dalam, sehingga dalam perjalanan rata-rata putaran mesin berada pada RPM tinggi karena melewati jalur yang menanjak dan berliku di kawasan Kasembon – Batu. Bagi para biker yang sudah pernah melewati jalur itu pasti sudah tahu bagaimana kondisi jalannya, tikungannya, ngebutnya pengendara lain, karena memang jalur ini asik buat ngebut dengan disuguhi tikungan-tikungan tajam ala sirkuit Estoril – Portugal,hehehee.
Setelah sampai Kota Batu, jalan sudah mulai menurun sampai memasuki Kota Malang, kemudian muter-muter membelah kemacetan di ruas jalan Kota dengan kondisi jalan mulai datar. Melewati Jalan MT. Haryono, Gajayana, Veteran, Ijen, Semeru, basuki Rahmat, Alun-alun, Pasar besar dan sekitarnya, kemudian sempat mampir di kos adik di kawasan kampus UM. Jalan yang saya lewati tersebut merupakan jalur protokol sehingga selalu dalam kondisi macet dan pengendara harus melakukan stop n go, tak jarang juga melakukan rem mendadak. Pokoknya dalam perjalanan kali ini jauh dari econoriding.

Akhirnya…saat perjalanan pulang mampir ke SPBU untuk mengisi penuh premium sekaligus menghitung berapa liter yang dibutuhkan, untuk sampai full tank ternyata dibutuhkan premium 1,89 liter dan lihat odometer menyentuh angka 2257,1 km. Dari sini diketahui bahwa Spacy sudah berjalan sejauh 91,5 km, kemudian untuk mengetahui berapa kilometer dalam 1 liter, jarak yang sudah ditempuh (91,5 km) dibagi jumlah liter saat pengisian BBM full tank kedua (1,89) maka hasil tes konsumsi BBM Honda Spacy Helm In PGM-FI menyentuh angka 48,41 km. Saya tidak menyertakan foto struk pengisian BBM karena waktu itu memang tidak ada niat untuk di share dalam blog ini.

 

Top speed yang diperoleh Spacy dalam riding ini menyentuh 90kpj sedangkan kecepatan rata-rata 40-70kpj dengan kondisi jalan menanjak dan pada saat melewati kota rata-rata kecepatan hanya 30-40kpj karena kondisi jalan yang macet.

Last…semoga tes konsumsi BBM ini bermanfaat bagi pembaca dan artikel ini tidak dijadikan acuan bahwa konsumsi premium untuk matik ini adalah seperti tersebut diatas, karena faktor kondisi motor, rute jalan dan gaya pengendara setiap orang berbeda sehingga hasilnya pun juga akan berbeda. (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

16 responses to “Menempuh Jalan Menanjak dan Kemacetan Kota Malang, Konsumsi BBM Honda Spacy PGM-FI Tembus 48,41km/Liter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: