Tour de Telaga Sarangan

Tahun baru 2012 kemarin saya berkesempatan touring ke Telaga Sarangan, salah satu tempat wisata kebanggaan masyarakat Magetan tepatnya di Kecamatan Plaosan sekitar 17 km arah barat Kota Magetan. Sebelumnya saya pernah kesana pada waktu masih kecil bersama orang tua, namun lupa seperti apa situasi tempat wisata tersebut, yang saya inget dulu hanya perjalanan menuju Sarangan itu melewati jalan yang menanjak karena lokasinya berada di lereng gunung Lawu dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.
Pukul 05.30 pagi sudah siap berangkat menggunakan motor kesayangan menuju Magetan setelah sehari sebelumnya menyiapkan motor terlebih dahulu untuk servis ringan dan ganti oli mesin. Jalan yang saya lewati kali ini relatif sepi mengingat suasana masih pagi sekali, Perjalanan yang ditempuh adalah dari rumah kandangan menuju Pare – Papar – Kertosono – Madiun – Magetan dan kondisi jalan yang relatif datar. Memasuki wilayah jalur kertosono – Madiun, disinilah track antar provinsi yang cukup ramai apalagi kendaraan yang di dominasi oleh bus2 besar menuju Jateng dan Jabar semua bertemu dijalur ini, motor pun bisa diajak lari dengan kecepatan antara 80-90 kpj dengan kondisi jalan yang lurus datar dan sepi.

Memasuki kota madiun jalan sudah tampak ramai dan saya memperlambat kecepatan motor antara 40 – 60 kpj,rencananya mo mampir ke rumah sodara sepupu di wilayah perumahan Taman Asri Madiun untuk istirahat sebentar pada pukul 07.30. Dari Kandangan – Madiun menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan kecepatan rata-rata 80 kpj.

Pukul 08.30 melanjutkan perjalanan menuju Kota Magetan rutenya adalah Madiun – Maospati – Magetan menempuh jarak sekitar 30 km, karena sudah ditunggu oleh nyai yang kebetulan asli Magetan saya geber saja dengan kecepatan rata-rata 80kpj. Setelah jemput nyai langsung meluncur ke jalur menuju Sarangan.

Mulai dari sini track yang akan dilalui mulai menanjak dan menikung cocok dengan saya yang suka speed cornering dan seakan dimanjakan oleh sirkuit gratis,hehe. Sepanjang perjalanan ini di disuguhi oleh pemandangan yang sangat asri, di samping kanan kiri jalan banyak kebun2 hijau yang terhampar sehingga menyegarkan mata saat memandang, udara terasa sejuk dan kebetulan waktu itu kabut sangat tebal sehingga membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Setelah berjalan kurang lebih setengah jam sampailah di gerbang wisata Telaga Sarangan dan antri di pintu masuk untuk membayar retribusi Rp 10.000,- untuk 2 orang dan motor. Dari gerbang pos pemungutan retribusi ternyata masih harus melewati jalan tanjakan lagi dan melewati penginapan atau villa-villa yang ada di sekitar Telaga Sarangan. Setelah memarkir motor kemudian menuju telaga dengan jalan kaki dan disuguhi oleh para penjual makanan khas dan souvenir asli magetan, suasananya sangat ramai karena sedang musim liburan sekolah.

Telaga Sarangan adalah sebuah telaga alami dengan luas kurang lebih 30 hektar yang terletak di kaki Gunung Lawu. Mungkin ini yang membuatnya jadi memikat banyak orang. Ditambah lagi udara disini sangat sejuk, berkisar antara 18-24 derajat celcius. Bahkan walaupun siang hari, tidak jarang telaga dan sekitarnya ditutupi oleh kabut seperti saat kami berkunjung sekarang.

Rasanya kurang lengkap kalo ketempat wisata tanpa menikmati kulinernya, di Sarangan ini yang paling terkenal adalah sate ayam dan sate kelinci yang banyak berjualan di pinggir telaga, awalnya saya pengen mencoba bakso tapi kata nyonya kalo berkunjung ke sarangan, makanan khas yang wajib dicoba adalah sate kelinci ato sate ayam. Baiklah karena sudah lapar akhirnya pesan sate ayam saja 2 porsi,cukup murah dengan harga Rp 12.000,- per porsi sudah bisa menikmati sate ayam 15 tusuk + lontongnya.

Setelah mengelilingi telaga sampe terasa capek akhirnya kami bergegas untuk pulang karena hari sudah siang sekitar pukul 13.00, namun mencari mushola dulu untuk sholat dhuhur sebelum melanjutkan perjalanan. Bagi yang belum pernah ke sini, telaga sarangan harus masuk daftar perencanaan liburan anda, tempat ini sangat recomended deh,hehehee. (ochim)

photo by Samsung GT-C3322Telaga sarangan

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

7 responses to “Tour de Telaga Sarangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: