Cara Mengatasi Body Getar pada Motor Bebek

Bagi yang mempunyai tunggangan motor bebek yang  berusia diatas 2 tahun pasti mempunyai masalah pada body yang mulai bergetar. Tidak heran memang karena seperti kita ketahui bahwa motor bebek sebagian besar diselimuti body yang terbuat dari plastik.

Fitur getar ini ditimbulkan karena sambungan di beberapa bagian saling bergesekan akibat dari getaran mesin. Nah…bunyi getaran ini yang paling sering kita temui ada pada bagian sambungan headlamp, sayap samping ataupun body belakang tepatnya di bagian stoplamp. Seperti pada  motor Supra X 125 milik saya, terdapat bunyi getar yang terdapat pada sambungan antara batok lampu depan sebelah kanan dengan cover speedometer.  

Cara memperbaikinya beragam, teman saya pernah menyarankan untuk memakai isolasi doble tip yang ditempelkan di bagian antara sambungan body yang getar tadi. Tapi kok terlalu ribet karena harus buka batok lampu (ribet opo males) :D, maka saya mencoba memanfaatkan alat dan bahan sederhana yang saya punya. Bahan yang disiapkan adalah castol, gunting dan karet ban dalam bekas. Mungkin kalau pada bagian sayap ataupun stoplamp bisa memakai isolasi doble tip dengan cara membuka cover body terlebih dahulu.

Langkah pertama potong karet sesuai ukuran yang akan ditempel, lalu diolesi lem castol,

kemudian langkah selanjutnya tempelkan karet yang sudah diolesi lem pada sambungan body yang getar dengan memasukkan pelan-pelan, selesai.

 

Kita coba nyalakan mesin lalu tarik gas untuk mengetahui apakah masih ada suara getarnya. Last…silahkan mencoba cara sederhana ini. (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

About these ads

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

39 responses to “Cara Mengatasi Body Getar pada Motor Bebek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 215 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: