Penyebab Motor Brebet di Putaran Atas


Pembaca sekalian…hari ini saya sempat dipusingkan oleh motor Supra X 125 tunggangan saya. Ceritanya nih, waktu berangkat kerja tadi pagi, setiap buka grip gas sampai putaran atas selalu ada gejala brebet atau seperti kehabisan bensin. Misalnya ketika saya berjalan memakai gigi persneling 2 lalu jalan sampai 60 kpj tiba-tiba motor brebet, sempat kaget lalu saya turunkan grip gas   menjadi lebih pelan dan normal kembali. Saya coba lagi dengan pindah gigi 3 dan berjalan sampai 80 kpj, motor kembali brebet. waduh kenapa motor ini kok tidak mau diajak lari seperti biasanya. Jadi kepikiran apakah ada bagian mesin yang rusak lalu bayangan saya kemana-mana, sepertinya bentar lagi akan keluar duit nih :D

Setelah sampai kantor, kepikiran untuk ganti busi saja, perkiraan saya mungkin businya setengah modar, kebetulan saya selalu bawa busi cadangan yang tersimpan dibagasi bawah jok. Setelah ganti langsung saya coba motor digeber kenceng namun kembali lagi gejala brebet dan kehabisan tenaga masih terasa ketika mesin di putaran atas. Ya sudah saya biarkan saja dulu nanti saat pulang rencana mampir ke ahass saja.

Jam 1 siang saya stater motor beranjak pulang dan ditengah perjalanan mesin motor masih terasa brebet, namun setelah berjalan beberapa kilometer, saya iseng melihat posisi choke dalam keadaan terbuka, walah! 8O ini dia biangnya motor jadi brebet terus dari tadi. Setelah choke dikembalikan diposisi semula, saya coba langsung turunkan persneling ke gigi 3 dan digeber sampai 80 kpj,wuusshh….motor asik buat ngebut dan tenaga seperti ngisi kembali.

Yang bikin heran, saya tidak pernah memakai choke walaupun saat stater motor waktu pagi, jadi tidak mungkin kalau saya lupa menutup kembali setelah dipakai, la wong buka saja tidak pernah. Lalu siapa yang membuka choke motor saya?? (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

About these ads

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

12 responses to “Penyebab Motor Brebet di Putaran Atas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 264 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: