Mio Sporty Terpaksa Dijual

Mio

Beberapa minggu yang lalu motor Mio sporty punya Bokap ditawar orang, awalnya dihargai 7,5 juta tapi setelah melalui proses tawar-menawar akhirnya dilepas dengan harga 7 juta pas. Mio Sporty lansiran 2010 ini ngandang dirumah sudah 4 tahunan sejak beli baru, odometer masih sangat muda kalau nggak salah terakhir saya lihat masih 19 ribuan km. Memang tiap hari cuma dibawa riding jarak deket saja, hanya sesekali di pakai luar kota.

Matik ini terpaksa dijual karena memang ada kelemahan bawaan lahir, yang paling utama adalah konsumsi BBM-nya yang kelewat boros, selain itu tingkat kenyamanannya kurang, suspensinya keras banget. Saat dipakai riding melewati jalan yang nggak rata, setirnya ikut getar, saking getarnya sampai bisa bikin tangan kesemutan. Memang joknya empuk, tapi tetap nggak nyaman di pakai.

Dulu waktu pertama kali ambil Mio sporty, karena alasan tren saja. Pada tahun itu kan banyak sekali mio berseliweran dijalan, tiap lihat dijalan pasti ada mio yang melintas. Nah karena waktu itu dirumah lagi butuh matik biar ibuk juga bisa pakai, maka pilihan jatuh ke Mio Sporty, mudah dikendarai.

Lama kelamaan baru terasa kalau Mio Sporty ini boros banget, cukup menyiksa kantong, padahal saya sudah pernah nyoba saat nyetir pakai metode econo riding, tapi tetep saja terasa borosnya. Yauwes kembali ke cara riding yang agak kencengan dikit :D

Last… di jaman sekarang ini harus pinter-pinter menyiasati pengeluaran, termasuk pengeluaran buat BBM. Tahu sendiri kan kebutuhan pokok sekarang nggak murah, harus serba hemat, termasuk memilih kendaraan dengan tingkat konsumsi BBM yang lebih irit. (Ochim)


Test Drive Singkat Yamaha Scorpio Z

Yamaha Scorpio ZMotor Yamaha Scorpio Z ini terlihat lagi nongkrong di parkiran sekolah, saya yang lagi nogkrong disitu jadi pengen nyobain lagi. Kesan pertama kali naek ini jadi ngerasa gagah :D la motornya gede banget sob, sama seperti saat saya nunggang tiger. Saya naekin saja pengen ngerasain duduk manis diatas joknya, tiba-tiba si empunya kasih kontak motor suruh nyobain, ya uwes tancepin kunci ke lubangnya dan stater tangan, eh… kok nggak ada reaksi blas, saya coba kick stater doi nggak respon juga, ternyata engine cut posisi off,hahahhahaaa

Setelah meng-on-kan engine cut, pencet stater tangan langsung jrengg… suara knalpot yang sudah diganti punya tiger terdengar menggelegar. Bleyer..bleyer..dikit untuk dengerin sensasi knalpotnya, ngeri tenan.

speedometer yamaha scorpioKemudian tarik kopling dan injak pedal persneling ke depan, lepas pelan-pelan kopling dan motor 225 cc ini mulai berjalan, bejek gas agak dalem lalu masukin ke gigi 2, tarikannya enteng banget, kalah deh motor GL Max yang sehari-hari saya pakai. Keluar jalan beraspal nyobain akselerasinya dari gigi 1 sampai 4, tarikannya masih enteng juga. Giliran lewatin aspal yang nggak rata, goncangan suspensi depan-belakang keras banget, walah… kok gini, mungkin sudah mati kali ya, nggak nyaman banget pokoknya.

Karena jalan di Puncu ini sedikit berlubang dan aspal mengelupas, saya nggak bisa geber Scorpio lebih kenceng lagi, Cuma jalan nggak sampai 2 km sudah putar balik lagi ke sekolah. (Ochim)


Bus se-Jatim Bakal Mogok, Trus Penumpang Mau Naik Apa??

Berita bus mogok se-jatimRespon ini diambil oleh sejumlah PO. di Jawa Timur menyusul kenaikan harga BBM yang berlaku mulai jam 00.00 tadi malam. Mereka mengancam bakan mogok terus sampai tuntutan mereka dipenuhi. Mereka menuntut pemerintah untuk memberikan subsidi kepada seluruh angkutan umum di Jawa Timur.

Para Kendaraan umum dan bis nggak mungkin menaikkan tarif lagi karena dengan tarif yang sekarang saja para penumpang sudah keberatan, apalagi dinaikkan lagi. Wah kalau seluruh angkutan umum mogok nggak mau jalan, para calon penumpang bakal naik apa?? nebeng truk saja kali ya?? (Ochim)

sumber: koran Surya edisi hari ini.


BBM Naik Per Hari Ini

ngisi bensinSecara mendadak, pemerintah akhirnya mengumumkan kenaikan BBM per hari ini tanggal 18 november 2014 pukul 00.00. Saya baru tahu info tersebut tadi pas nglilir sekitar jam 3 an lalu iseng buka portal berita di fesbuk. Cukup mengagetkan mengingat nggak ada pemberitahuan sejak awal.

Harga BBM sekarang menjadi 8500/liter untuk premium, sedangkan solar naik menjadi 7500/liter. Saya sendiri sebenarnya nggak setuju dengan kebijakan tersebut, pendapat saya sebagai warga yang awam masalah perekonomian, rakyat sudah melakukan kewajibannya untuk membayar berbagai macam pajak, tentunya pemerintah mempunyai dana yang sangat besar dan saya rasa masih mampu untuk mensubsidi berbagai kebutuhan pokok rakyat seperti BBM, bahan pangan, pupuk pertanian, dll.

Kalau BBM sudah naik begini, tentunya harga kebutuhan pokok masyarakat juga bakal menyusul mengalami kenaikan, rakyat kecil lagi yang kesusahan, mereka hanya bisa pasrah dengan keadaan. (Ochim)


Cuma Segini Doank Jualannya Suzuki

Daftar harga Suzuki bulan november 2014Dapet selebaran brosur dari sales suzuki, makin prihatin saja saya lihat produk-produk yang ditawarkan, cuma 3 motor doank. Diantaranya adalah Suzuki Nex, Shooter serta bebek kencang si Satria FU. Sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan merk lain seperti Honda, Yamaha maupun Kawasaki yang mempunyai sederet varian motor dengan berbagai pilihan.

satria_FUSangat disayangkan Suzuki mengambil keputusan untuk stop produksi pada beberapa motor unggulannya seperti Shogun Axelo 125, Titan, Skydrive, Hayate serta Let’s. Padahal dari segi desain menurut saya cukup bagus, seperti yang diasumsikan beberapa media, mungkin karena kurang promosi, 3S yang nggak bisa diandalkan dan isu mahalnya beberapa part menyebabkan Suzuki tenggelam diantara euforia larisnya produk sebelah.

Kalau masalah mesin sudah jelas, pabrikan berlambang S tersebut sangat mumpuni dan nggak perlu di ragukan lagi ketangguhannya. Bahkan menurut saya paling value for money diantara merk lain, pokoknya produksi Suzuki termasuk jempolan.

Last…mudah-mudahan kedepannya Suzuki mampu memperbaiki kekurangannya selama ini dan kembali mengeluarkan motor-motor terbaiknya untuk bersaing dengan merk jepang lainnya. (Ochim)


Nyobain Rujak Ulek di Pojok Jln. Sakura, Pare

Rujak Ulek Jalan Sakura PareBanyak yang bilang kalau warung rujak di jalan Sakura Pare tersebut enak dan jadi favorit para pecinta rujak. Saya penasaran sudah lama dan baru kemarin sempat mampir untuk nyobain. Ada menu lain juga yaitu gado-gado tapi saya lagi pengen rujaknya dulu, kapan-kapan saja yang gado-gado.

Kebetulan lagi ada tugas ke Smada pare, lalu pulangnya belum terlalu siang, ya uwes enaknya mampir saja di warung rujak ulek jalan Sakura. Lokasi tepatnya dari Perempatan lapangan Canda Bhirawa atau perempatan masjid An-Nur ke utara, lalu ada pertigaan belok kanan, nah di pojok situ lokasi warungnya.

Parkirin motor lalu pesen rujak dan minuman es dawet. Nunggu cukup lama padahal Cuma antri 4 orang saja, 30 menit kemudian pesenan saya baru datang. Nih Penampakannya…

Rujak Ulek Jalan Sakura Pare 2Saya cobain timun dan tahunya yang sudah dilumuri bumbu rujak, beberapa sendok baru bisa saya simpulkan, ternyata rasanya biasa saja nggak istimewa, nggak seperti yang temen-temen bilang yang katanya enak. Masih enakan rujak di kawasan Pancaran Pare, disitu lebih enak.

Kelar makan rujak, saya cobain es dawetnya, nah yang ini terasa seger banget, ada campuran janggelannya lagi, trus ditambahi tape. Setelah semua hidangan di depan saya ludes, lalu bayar ke mbak-mbak asisten penjualnya. Rujak dibanderol 8000 perak saja tanpa cecek (saya nggak suka), es dawet 3500 serta krupuk 1000.

Last…nggak terlalu istimewa dan cukup mahal harganya, kayaknya saya nggak bakal kesitu lagi, atau lain kali kesitu tapi nyobain yang gado-gado. (Ochim)


Pengalaman Pakai Beberapa Motuba (2)

Sekitar 3 tahun nggak ada mobil dirumah, ternyata nggak enak juga, nggak bisa kemana-mana bareng keluarga. Akhirnya bapak merencanakan beli lagi tapi yang jenis sedan. Pilihan jatuh ke Toyota Corolla tahun 1977 dengan harga 17 juta. Kondisi bodi dan mesin secara keseluruhan masih oke banget, langsung bisa dipakai jalan-jalan.

Toyota Corolla 1977Keunggulan sedan yang paling utama adalah ya kenyamanannya, suspensinya empuk banget, bensin termasuk irit banget. Beberapa bulan kemudian ternyata sempat bermasalah pada radiator yang sering panas, apalagi pas di pakai ke Malang, masih sampai kawasan Pait atau baru jalan 15 km saja jarum temperatur sudah berada di tengah, akhirnya ya brenti dulu 15 menitan untuk meredam panasnya.

Corolla lagi mogok di Pujon Lalu setelah dilakukan servis radiator, sedan corolla ini sudah sehat kembali, bahkan saat di pakai menanjak ke malang lagi, temperatur suhu masih suka bersandar saja nggak beranjak sama sekali.

Sekitar 4 tahun kemudian, temen bapak ada yang lagi ngejual mobil Daihatsu Espass lansiran 1996, karena lagi butuh duit, doi banting harga hingga dibawah harga pasaran Espass, kalo nggak salah 38 jutaan. Wah ini kesempatan mumpung ada mobil bagus dan kebetulan masih temen sendiri, langsung sikat saja.

daihatsu espass tahun 1996 Dari segi tampilan masih sangat bagus, mesin juga terbilang yahud, yang paling penting nih, slebor karet pada roda depan menutup sempurna, jadi meminimalisir delco kena cipratan air. Apalagi delco masih dalam kondisi standar yang artinya masih ada pelindung air.

Khusus mobil Zebra/Espass kelemahannya yaitu pada posisi delco yang berada dibawah sebelah kiri, posisi ini rawan mesin mogok karena kena cipratan air dari bawah saat genangan cukup tinggi, tapi hal itu nggak akan terjadi kalau slebor roda depan masih komplit serta kondisi delco yang masih standar.

Setelah membawa pulang Espass, sekarang dirumah jadi ada 2 mobil lagi ngandang, Corolla sama Espass, tapi tentu saja selanjutnya yang akan dijual adalah Corolla-nya, nggak mungkin kan dirumah berlama-lama pelihara 2 mobil, berat di ongkos :P

Nah keunggulan Espass ini adalah kabin yang cukup lega, bensin irit dan tentu saja sparepart yang sangat melimpah, jadi nggak akan kesusahan nyarinya. Kalau ada yang bilang, “jangan beli zebra/espass, ntar gampang mogok pas hujan” berarti doi belum mengerti Espass sesungguhnya :P

Sampai sekarang Espass masih jadi transportasi andalan di keluarga saya, bahkan dibandingkan motuba sebelumnya, Espass ini lebih sering keluar kota karena di pakai gantian antara saya dan my twin yang juga sering pakai. (Ochim)


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 255 pengikut lainnya.